Breaking

Selamat datang di blog Rahmi Intan. Blog ini mengenai seputar karya-karya Rahmi Intan

Sunday, February 4, 2018

Menyingkap Problema Sosial Indonesia (Resensi)




Menyingkap Problema Sosial Indonesia

            Sulas tahu, yang diceritakan Ratri itu adalah calon lurah di dapil yang sama dengan daerah pemilihan bapaknya. Tak mungkin seorang calon menghilang tanpa jejak di tengah kerumunan masa kampanye. Jika begitu, apa mungkin? (Hal 15)
            Cerpen “Mayat dalam lumbung” ini menceritakan kisah seorang perempuan yang menemukan sosok jasad yang telah mati di lumbung padi. Sulas yang mulai curiga dari awal ada sesuatu yang tidak beres di lumbung padi membuatnya semakin penasaran untuk menengok. Benar saja, ada sosok mayat berbau anyir di sana. Ia ingin bercerita kepada emaknya, anehnya mulutnya terbungkam. Pun kepada Bandi kekasihnya, ia belum berani menceritakan apa yang dilihat. Akhirnya tanpa sengaja Sulas kecoplosan menyebut mayat. Bandi tidak tinggal diam, ia ingin memberitahu ke warga, namun Sulas menolak.
             Pemilihan calon lurah semakin dekat saja. Bapak Sulas sangat sibuk terlihat mengurus ini-itu. Begitu juga sederet tim sukses bapaknya aktif bekerja, salah satunya Mbah Karsan. Sulas mendengar percakapan itu.
            “Sepertinya, tidak ada halangan lagi. Jika tak terawang, memang cuma dia saingan beratmu, Nang. Kalau si Sakri sih tak perlu dipikirkan. Paling suaranya hanya sepuluh persen.” (hal 14)
               Sulas ingin sekali memberitahu semua orang tentang mayat itu. Tapi dia adalah bapaknya. Bapak kandungnya. Niatnya kembali diurungkan. Sore itu, warga menemukan Sulas pingsan di pintu lumbung padi sambil mengigau mayat, lalu lumbung. Tak ada yang mampu menafsirkan igauannya, kecuali hanya seorang saja; bapaknya.
            Cerpen ini mengkritik tak seharusnya bersikap licik dalam satu pemilihan lurah, hingga nyawa pun menjadi korban. Semestinya bersikap menahan diri. Kalah sabar, menang tawaduk. Tidak hanya cerpen di atas saja, banyak lagi konflik yang ditulis para cerpenis untuk menyingkap problema sosial Indonesia. Penulis-penulis begitu piawai menyuguhkan rentetan-rentetan permasalahan sosial pelik ke dalam sastra yang menggugah.
Melihat Indonesia kian waktu ke waktu semakin kacau. Nah, lahirlah buku ini sebagai kepedulian terhadap Indonesia. Tentunya kita menginginkan Indonesia ke depannya menjadi lebih baik dari sekarang. Buku kumpulan cerpen ini sangat layak dibaca. Supaya kita bisa mengenali permasalahan sosial sekitar.



Judul buku                  : Mayat dalam Lumbung
Penulis                         : Siti Sofiyah, dkk
Penerbit                       : FAM Publishing (Pare, Kediri, Jawa Timur)
Tahun terbit                 : Oktober, 2014
Tebal buku                  : 291 halaman
ISBN                           : 978-602-7956-86-5
Peresensi                     : Rahmi Intan
Tempat tinggal            : Salibawan, pasaman, Sumatera Barat

No comments:

Post a Comment